Blognya YazidMF

RailFans . . . Kalau Sudah Hobi, Mau Gimana Lagi . . .

Apa Itu Railfans? Hobi Kereta Api? Berikut Penjelasannya

Posted on Rabu, 26 Februari 2020 by YazidMF | 3 komentar
Label:

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh


Apa Itu Railfans? Hobi Kereta Api? Berikut Penjelasan Tentang Hobi Railfans... Simaq Baik - Baik Ya... Cekidot...

Saya Sedang Hunting KRL JR - 205 Di Bulak Kapal, Bekasi Timur

Layaknya Artis, Kereta Api ternyata juga mempunyai penggemar...yaitu mereka yang disebut dengan RAILFANS. RAILFANS dapat didefinisikan sebagai orang yang suka dan tertarik akan segala hal yang berhubungan dengan Kereta Api. Sebenarnya istilah ini belum lama muncul. Penggemar Kereta Api sebenarnya sudah ada sejak jaman dulu, namun mereka tidak mempunyai sebutan atau nama. Kemudian, sekitar tahun 2008-2009, saat penggemar Kereta Api semakin booming, muncul istilah RAILFANS. Sehingga pada saat sekarang, orang yang suka Kereta Api disebut sebagai RAILFANS. RAILFANS berasal dari kata "RAIL" yang berarti Rel dan "FANS" yang berarti Penggemar. Tapi jangan langsung diartikan sebagai Penggemar Rel loh ya..masa suka nya liat Rel?? ya enggak lah, yang disukai itu obyeknya yaitu kendaraan yang berjalan di atas Rel. Di Luar Negeri Railfans juga disebut sebagai Rail / Train Enthusias. 





Dunia RAILFANS adalah sebuah forum perkumpulan sosial yang menghimpun orang-orang (manusia-manusia), dimana masing-masing memiliki kecintaan terhadap moda transportasi KERETA API, agar memiliki ciri identitas yang mudah untuk dikenali dan dibedakan, para pecinta kereta api menamakan atau menyebut dirinya sebagai RAILFANS. Dengan begitu terjadi sebuah interaksi yang positif antar penggemar atau pecinta kereta api (Railfans), seperti halnya orang-orang yang menggemari Formula 1, MotoGP, dan sepak bola. Railfans sebagai pecinta atau penggemar moda transportasi kereta api tidaklah sendiri, moda transportasi masal publik lainnya juga memiliki penggemar, salah satunya adalah “busmania” (penggemar kendaraan bus).


Banyak orang bertanya-tanya; Apa sih yang menarik dari kereta api?  Kok bisa Anda begitu menyukai kereta api?  Memang sulit untuk menjelaskan semua itu, karena tidak banyak alasan logis yang dapat menjelaskan pertanyaan-pertanyaan tersebut. Membutuhkan penjelasan-penjelasan yang memiliki keterkaitan dengan teori evolusi, karena memang kecintaan terhadap kereta api timbul sejalan dengan berjalannya waktu dan tidak sistematis, berbeda dengan jalan sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia yang dapat diceritakan secara sistematis karena memiliki sumber-sumber yang jelas. Kecintaan terhadap kereta api tumbuh “mendarah daging”, mayoritas semenjak orang yang mengatasnamakan atau menyebut dirinya sebagai railfans masih muda atau kanak-kanak. Banyak faktor yang menyebabkan cinta terhadap kereta api tumbuh di hati, beberapa beralasan seperti karena sejak kecil rumah tinggal dekat jalan rel, sering diajak naik kereta api oleh sanak saudara. Tidak selalu kecintaan kereta api tumbuh sejak kecil, banyak juga diantaranya tumbuh ketika usia mulai dewasa, mungkin karena faktor pekerjaan dan bahkan karena faktor-faktor teknis mengenai bagian-bagian dari sarana-prasana kereta api. Ada juga orang-orang yang mencintai dunia kereta api berawal karena faktor empati, suka terhadap pelayanannya, keamanan, dan ketepatan waktunya.


Sering Nonton KA Sejak Kecil Adalah Salah Satu Penyebab Seseorang Menjadi Seorang "Railfans"

Railfans memiliki banyak kegiatan, baik yang serius maupun yang santai. Namun, meskipun serius tetap saja selalu “fun”. Kegiatan yang dilakukan biasanya kumpul-kumpul, nonton kereta lewat (lumayan bisa menghilangkan stres), jalan-jalan naik kereta, kongkow-kongkow, atau foto-foto.


Ya. Foto-foto. Dunia railfans masih sangat dekat dengan unsur seni, terutama dengan seni fotografi. Dari dahulu sejak zaman “Mbah Ndo” hingga sekarang, kegiatan yang selalu menonjol adalah berfoto. Tapi bukan berfoto narsis! Meskipun banyak yang suka narsis, tapi di dunia railfans, objek foto yang paling utama adalah kereta api dan unsur-unsur lainnya yang masih berkaitan dengan kereta api. Entah barang yang lain, ataupun aktifitas manusia yang ada di sekitar kereta api.


Dari kegiatan foto-foto ini (di dunia railfans kita menyebutnya hunting foto) banyak kebahagiaan yang dapat diraih. Saling berbagi hasil foto dan saling berlomba menghasilkan foto yang menarik adalah aktifitas yang memiliki kepuasan tersendiri.


Mem-Foto 2 KRL JR 205 Dengan Kamera Handycam

Dan Hasil Fotonya

Menjadi seorang Railfans itu tidak hanya sebatas suka melihat kereta atau suka memfoto Kereta Api, melainkan hal - hal yang masih ada kaitannya dengan Kereta Api. Bisa saja seorang Railfans ( biasa disingkat sebagai "RF" ) mempunyai kegemaran mengoleksi pernak - pernik Kereta, membaca artikel atau berita tentang Kereta Api atau mempelajari ilmu - ilmu kereta Api. Sekarang ini Railfanning bisa dianggap sebagai salah satu Hobby yang tentu sangat mengasyikan. Dengan majunya teknologi informasi dan media sosial via Internet, para Railfans bisa menemukan teman-temannya dan kemudian menjalin komunikasi rutin dalam suatu grup atau komunitas dalam dunia maya atau nyata. Kalo jaman dahulu, Railfans kadang dicap orang "aneh". Hafal jadwal KA atau hafal nama kereta saja sudah di cap aneh sama teman-teman di lingkungannya. Namun sekarang para Railfans sudah bisa berkumpul dan saling berbincang menceritakan pengalaman atau share info. Bahkan dengan bantuan media sosial dan internet sekarang para Railfans sudah membentuk beberapa komunitas maupun grup baik dalam bentuk forum, grup diskusi dalam media sosial seperti face book, bahkan dengan aplikasi smartphone seperti WhatsApp dll. Selain di dunia maya, para Railfan juga sudah membentuk beberapa organisasi atau komunitas Railfans baik dalam lingkup regional atau bahkan skala nasional. 

Mungkin banyak yang bertanya-tanya, apa saja kegiatan yang sering dilakukan oleh seorang Railfans ? 
Sebetulnya banyak kegiatan yang bisa dilakukan oleh seorang Railfans.
Berikut beberapa kegitannya


1. Hunting

Jika kita lihat atau bertemu artis yang kita kagumi, bukankah kita ingin mengabadikan dia melalui jepretan kamera bukan? , dan tentu ini juga berlaku bagi Railfans yang senang melihat kereta, mereka tentu akan berusaha memfotonya . Hal ini lah yang mendasari berkembangnya fotografi kereta di kalangan Railfans. Fotografi merupakan kegiatan yang paling umum dilakukan oleh para Railfans. Apalagi sekarang semakin banyak kamera dengan harga murah dan juga kamera handphone yang semakin bagus. 
Hunting adalah kegiatan  berburu foto kereta api. Kenapa dikatakan hunting? karena Kereta Api merupakan obyek yang dinamis begitu juga dengan latar belakangnya, sehingga bisa dikatakan bersifat one moment only. Sangat sulit untuk mengulang foto kereta dengan kondisi yang sama baik posisi kereta atau latarnya ( Hal ini berlaku umum untuk memfoto kendaraan yang bergerak ). Tiap kereta yang lewat, kesempatan untuk mengambil foto kereta tersebut hanya selama sang kereta melintas dalam jangkauan kamera atau sang pengambil foto.Apabila gagal, maka harus menunggu kereta selanjutnya. Para Railfans akan selalu berusaha membidikkan kamera mereka sebaik mungkin terhadap kereta yang mereka incar. Apalagi jika ada kereta yang tidak biasa seperti rangkaian yang unik atau kereta dengan perjalanan yang tidak biasa atau disebut KLB ( Kereta Luar Biasa ) seperti saat Uji jalan kereta baru. Hunting dapat dilakukan secara perorangan atau kelompok. Sebenarnya Hunting dapat dilakukan disepanjang rel kereta dengan tetap memperhatikan faktor keamanan. Namun sekarang, di Stasiun ada aturan yang terkadang membuat para Railfans sulit untuk bisa Hunting foto Kereta Api, walau sebenarnya semua itu dilakukan demi keamanan dan kenyamanan bersama termasuk bagi sang Railfans sendiri.       
                           

Hunting KRL Di JPL 81, Bekasi


2. Gathering

Gathering pada dasarnya adalah berkumpul. Setelah saling berinteraksi di media sosial, para Railfans biasanya akan melakukan acara kumpul - kumpul untuk bisa sekedar bertemu, ngobrol, berkenalan dengan teman sesama Railfans yang selama ini dikenal di media sosial, atau bisa juga dengan tujuan tertentu misal merayakan tahun baru atau mengadakan acara tertentu. Gathering bisa berskala regional, misal dalam lingkup kota dan beberapa kota disekitarnya atau satu propinsi, dan bisa juga berskala nasional yang bisa disebut sebagai gathering akbar, dimana para Railfans berdatangan dari berbagai kota di pulau jawa bahkan dari luar pulau jawa alias dalam satu negara. Dalam gathering, biasanya para Railfans akan saling bercerita dan share pengalaman mereka. Dengan Gathering, maka akan para Railfans akan memperbanyak teman dan sekaligus memperkuat persaudaraan diantara mereka. Gathering akbar/besar/nasional, tidak sering di adakan tiap bulan, mengingat di butuhkan koordinasi dan juga kepanitian untuk mengurus semua hal yang berkaitan dengan acara. Biasanya gathering besar diadakan saat moment tertentu seperti perayaan tahun baru.

Gathering Para RF Dan Berfoto Bersama Di Pinggir Rel


3. Joyride/Ngelintas

Railfans senang melihat kereta. Akan lebih senang lagi jika mereka naik dan menikmati perjalanan dengan kereta api. Oleh karena itu sebagian Railfans melakukan kegiatan yang disebut dengan Joyride/Ngelintas. Joyride Dengan Kereta Api adalah perjalanan menggunakan kereta api dengan tujuan menikmati perjalanan naik kereta itu sendiri tanpa ada agenda atau tujuan lain. Para Railfans biasanya melakukan Joyride dengan perjalanan PP atau Pulang pergi. Terkadang para RF hanya mampir sebentar di penginapan atau numpang di rumah teman hanya sekedar melepas lelah atau bahkan sekedar menunggu perjalanan balik. Ada juga Railfans yang melakukan perjalan PP tanpa menginap atau mampir, atau istilahnya non stop. bahkan ada Railfans yang melakukan Joyride mengelilingi pulau jawa naik kereta tanpa berhenti alias terus bersambung dan tidak mampir atau singgah di kota antara. Joyride seperti itu jelas membutuhkan fisik prima dan juga dompet yang prima juga, karena jelas membutuhkan dana yang tidak sedikit, apalagi jika naik kereta kelas bisnis atau eksekutif. 

Joyride KRL JR 205 - 85F


4. Tracking / Mblusukan

Tidak banyak Railfans yang sering atau suka melakukan kegiatan yang satu ini. ya Karena memang di butuhkan stamina dan ketahanan tubuh ekstra. Tracking adalah kegiatan berjalan menyusuri rel kereta api terutama jalur yang sudah non aktif. Kenapa kok di rel non aktif? Soalnya menurut UU no 23 tahun 2007, rel adalah area steril dan terlarang, jadi berjalan di atas rel ( yang masih aktif ) sebenarnya tidak diperbolehkan. Kecuali kita menyusuri di samping rel dan di luar batas aman rel. Apabila rel non aktif tersebut sudah hampir tak berbekas dan melalui daerah pemukiman, ladang atau hutan maka tracking ini bisa disebut sebagai Mblusukan. Tracking pada dasarnya di lakukan dengan cara berjalan kaki, walau bisa dilakukan dengan naik sepeda motor. namun jalan kaki ini lah yang menguras energi dan dibutuhkan stamina yang prima.

Mblusukan Di Jembatan Bekas Rel KA Yang Sudah Non Aktif

5. Miniatur / Kereta Model

Jika Tracking membutuhkan stamina dan tubuh yang kuat, maka yang satu ini justru kebalikannya...butuh dana yang kuat, wkwk. Untuk bisa membeli suatu miniatur kereta apalagi dengan tipe dinamis atau bisa berjalan kita harus merogoh kocek hingga jutaan rupiah. Belum termasuk membeli perlengkapan dan pernak perniknya seperti rel, alat kontrol, miniatur rumah dsb. Oleh karena itu, Tidak begitu banyak Railfans yang melakukan kegiatan ini, walau pada dasarnya hampir setiap Railfans ingin mempunyai miniatur kereta favorit mereka. Akhir-akhir ini sudah banyak produsen kereta miniatur yang membuat model kereta api indonesia. Mulai dari Lokomotif, Kereta penumpang, Gerbong barang, semua bahkan bisa persis dengan Kereta Api asli yang ada dan beroperasi di Indonesia. 

Miniatur Lokomotif CC 201 xx xx

6. Game Simulasi Kereta Api 3D

Jika Tracking membutuhkan stamina dan tubuh yang kuat dan Kalau membeli KA Miniatur membutuhkan Dana, Maka yang satu ini malah membutuhkan Spek Laptop / Komputer yang lumayan. Sebenarnya ada banyak game simulasi kereta api 3d, tetapi hanya beberapa saja yang dapat di "Custom" dengan Nuansa Indonesia Yaitu : Trainz Simulator 2006, 2009, 2010, 2012, 2019, Trainz A New Era, OpenBVE, Dan HmmSim 2. Saya Sendiri Mainnya Trainz Simulator 2009 Ehehe... Soalnya 2010 + Rada Berat... #LaptopKentang


Berbagai Macam KRL Parkir Di Stasiun Bogor Game Trainz Simulator 2009 Di Laptop Saya


Tanggapan Orang lain (Non RF) Tentang hobi ini

Sebenarnya ada banyak sekali tanggapan atau pendapat orang tentang hobi ini, cuma Saya akan ambil pendapat orang yang "Bisa Mengahargai Hobi Orang Lain" dan yang "Bisa Mengahargai Perbeda'an" Saja... Cekidot :

"Penggemar Kereta Api atau Railfans merupakan hobi yang unik, jelas semua hobi memiliki keunikan sendiri-sendiri karena semua di lakukan atas dasar suka, gemar dan gila terhadap sesuatu. Dan hobi antar individu bisa berbeda yang kadang jika satu individu memandang hobi individu lainnya serasa aneh, tetapi si penikmat hobi tetap enjoy melakukannya. Dimanan uniknya hobi penggemar kereta api? menurut saya terletak pada keeksotisan kereta api itu sendiri. Dalam rangkaian kereta api yang ditarik oleh berbagai macam lokomotif dan nomor seri lokomotif, itulah letak keunikan menurut saya. Sepeda motor dengan berbagai seri dan tahun, album musik dari grup band dan tahun dikeluarkannya, saya kira seperti itulah kenikmatannya. Belum lagi penikmat fotografi kereta api dengan sudut pandang masing-masing.


Lalu kenapa hobi yang langka dan unik ini sering disegani, dianggap aneh, bahkan dicemooh oleh Orang - Orang? Tentunya karena sudut pandang Orang itu berbeda. Orang seperti itu menurut Saya belum bisa "menghargai perbedaan", Orang yang bisa menghargai perbedaan tentunya tidak akan berpandangan seperti itu. Seperti Saya, Saya hobi bola, setiap liat pertandingan di TV Saya senengnya minta ampun apalagi team yang saya dukung menang. Demikian pula RailFans, setiap liat kereta apalagi kereta yang yang langka mereka tentunya bakalan senang juga. Hanya berbeda context aja padahal...

Oke pendapat mengenai definisi hobi ini tentu berbeda, dan saya menerima sanggahan ataupun masukan dari sudut pandang berbeda. Itulah seklumit definisi hobi menggemari kereta api menurut versi saya dan anda juga bisa mendefiniskan hobi menurut anda pribadi, karena ranah pribadi itu zona teritorial tak tersentuh oleh teritorial lainnya, terkait dengan vision.

Namanya Abdul Qodir, beliau masih kelas satu SMP disalah satu SMP Swasta di Surabaya. Saya mengenal beliau pertama kali karena murah senyumnya, peduli dengan orang lain. Seorang penggemar kereta api dengan pengetahuan tentang kereta api yang luas. Begitu awal kenal langsung klop dengan saya dan langsung bertukar pengalaman dan pengetahuan. Dengan alat seadanya tidak menyurutkan langkahnya untuk sekedar melihat kedatangan dan keberangkatan kereta api di PJL 8 Gubeng dan sekitarnya. Saya bilang alat sekedarnya karena beliau ini naik sepeda onthel dari rumahnya yang sekitar 2 km sesekali mengabadikan moment dengan HP "china" miliknya. Dari situlah saya bertanya tentang kegemarannya dan ternyata beliau ini pengetahuannya luas. Ratusan koleksi video dan gambar dari HP nya dengan berbagai macam kereta api tentunya. Saya tanyai apakah ikut grup pecinta kereta api, ternyata beliau ikut salah satu organisasi pecinta kereta api. Sesekali Joy Ride ke Malang kemudian balik lagi ke Surabaya.

Adek Abdul Qodir dengan Background Komuter SUSI

Menurut saya, hobi demikian sangat bagus untuk usia anak SMP dimana teman sebayanya sudah sibuk dengan urusan modis dan semoga terhindar dari perbuatan negatif. Kelak hobi ini akan menjadi pendukung pendulang emas dan menjadikan sumber penghasilan untuk dirimu dan keluargamu kelak, semoga. Karena pekerjaan yang didasari oleh hobi itu memiliki nilai plus yang luar biasa. Cukup demikian dari saya , semoga menjadi kasanah bacaan tentang kereta api dan railfans."


Kira - kira begitulah tanggapan orang lain yang terbaik yang berhasil Saya dapatkan...  Oke Sekian dulu Postingan kali ini semoga bermanfaat...


Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

3 komentar:

Baymi official blog mengatakan...

Selamat pagi Kak Yazid, sebenarnya saya tahu tentang railfans, tetapi papaku nggak tahu tentang railfans, papaku tahunya cuma masinis doang, setiap kali aku nonton kereta papaku ngatain aku kalau cita cita aku mau jadi masinis padahal cita2ku mau jadi dirut pesawat kak, tolong dikasih tahu dong di youtube + tolong hadir jadi aktor untuk membunuh Reza dan Eliza di sinetron bawang putih berkulit merah dong kak Yazid

Baymi official blog mengatakan...

Sangat dipermisikan tolong hadir jadi aktor yang bernama awatara Yazid untuk membunuh Reza dan Eliza dan melindungi Anna dan Bayu dengan cara mengajaknya naik krl dan ajak para teman railfans kakak untuk melindungi keretanya dari napi/pesuruh Eliza + tolong banget kak railfans itu harus jadi cita2 manusia di seluruh dunia selain masinis sampai selamanya, sangat dipermisikan kak Yazid

Baymi official blog mengatakan...

sangat dipermisikan banget tolong hadir jadi aktor baru bawang putih berkulit merah (BPBM)yang berada di ANTV, sangat dipermisikan tolong kalau mau bikin sinetron, masuk TV aja dan cari sinetron yang viral seperti saya sebutkan namanya di atas ya kak Yazid

Posting Komentar

Sekian :)